“Cantik” 12-12-2012

aANGKA kembar tak jarang disukai atau disenangai dan bahkan dianggap “keramat” bagi sebagian masyarakat. Salah satu contoh tanggal 12 bulan 12 (Desember) tahuan 2012. Angka yang serba 12 (dua belas) ini serempak menjadi angka favorit atau “angka cantik”.

Adalah lilin dan korek api mendadak jadi buruan warga di dua kabupaten di China barat-daya. Keduanya laris manis lantaran desas-desus tentang kiamat yang bakal tiba dan mengakhiri dunia.

Sontak, warga menjadi panik dan sibuk belanja di Kabupaten Shuangliu dan Longchang, keduanya berlokasi di Provinsi Sichuan, China.

Desas-desus telah tersiar luas melalui Sina Weibo–laman blog mikro kondang. Laman itu menuliskan “Tiga hari kegelapan berturut-turut setelah 21 Desember”. Ini menjadi salah satu dari 10 topik paling hangat di laman itu dalam beberapa hari belakangan.

Isu itu justru dimanfaatkan para pedagang dan pengusaha di kedua kabupaten tersebut. Mereka menawarkan paket pasokan, panduan swadaya, bahkan produk kecantikan untuk terakhir kali.

Topik yang beredar luas itu diduga berpangkal dari mitos kalendar yang digunakan oleh suku Maya kuno meramalkan akhir dunia. Dan banyak orang percaya peristiwa tersebut akan terjadi pada Desember 2012.

Kepercayaan semacam itu telah melahirkan industri pemondokan, kendati itu telah berkali-kali dibantah oleh ahli arkeologi dan ilmuwan lain.

“Orang-orang dengan akal sehat akan tahu tidak akan ada tiga hari kegelapan di bumi setelah 21 Desember,” kata Luan Jiangao, seorang peneliti astronomi China (sumber: Shanghai Daily)

Di Amerika Serikat, misalnya, perayaan ulang tahun bocah asal Birmingham, Alabama, Amerika Serikat pada Rabu (12/12/2012) menjadi istimewa lantaran tanggal kelahiran dia merupakan deretan ‘nomor cantik’.

Bocah bernama Kim Moriya besok akan berusia 12 tahun pada tanggal 12-12-2012, pukul 12:12 siang waktu Alabama. Kim salah satu dari ribuan orang di Amerika Serikat yang tanggal kelahirannya memiliki ‘nomor cantik’.

Kim mengatakan teman-temannya tak percaya, ketika ia mengatakan kepada mereka tentang keselarasan tanggal lahirnya yang serba 12.

“Kebanyakan dari mereka tidak percaya padaku,” kata Kiam dilansir AL.com, Selasa (11/12/2012). Namun dia memiliki fakta yang menguatkan hal tersebut, yakni sertifikat kelahiran dari negara bagian New York.

Kim merupakan anak dari pasangan Kazuo Moriya dan Tamara Moriya. Ayah adalah warga negara Jepang, sedangkan sang ibu, Tamara adalah Direktur Eksekutif dari Jepang-Amerika Society of Alabama.

Kendati hari ulang tahunnya merupakan nomor cantik, keluarga Moriya merayakan itu sederhana saja. Untuk ulang tahunnya itu, Moriya hanya ingin disediakan donat Krispy Kreme yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk angka 12.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s